Senin, 12 Januari 2009

Perkembangan Teknologi Di Masa Depan Dan Pengaruhnya

Perkembangan Teknologi Di Masa Depan Dan Pengaruhnya


Kebutuhan transport saat ini menjadi bahan pokok dalam sehari – hari. Karena setiap manusia membutuhkan transport yang digunakan dalam kegiatan tidak hanya dalam bisnis ataupun kebutuhan lainnya. Jadi manusia didunia saling berlomba – lomba dalam membuat teknologi canggih dalam membuat sarana transportasi dalam banyak bidang. Sudah kita ketahui baru – baru ini di abad 21 sudah banyak teknologi yang yang menjadi tolok ukur dalam perkembangan teknologi dari tahun ke tahun. Di belahan dunia yang lain baru – baru ini ditemukan suatu alat transportasi menggunakan tenaga pendorong pesawat telah diciptakan tapi saat ini benda itu masih dalam percobaan jadi baru prototipenya yang ada. Alat ini merupakan salah satu alat Personal Transport Vehicle (PTV). Karena cara kerja alat ini seperti kita membawa tas punggung dan alat tersebut dapat menerbangkan kita ke langit dengan tenaga pendorong jet. Saya membayangkan masa depan kita sebagai manusia dapat merasakan bagaimana kita menggunakan alat ini karena pastinya alat ini mahal sekali dan tidak mudah memiliki. Dengan adanya tolok ukur ini pasti manusia yang berpengetahuan tinggi pasti mempunyai bayangan bagaimana membuat mobil dengan pendorong jet yang juga dapat menerbangkan kita dengan keseimbangan gravitasi bumi. Dan kita bisa melakukan perjalanan di udara dengan kendaraan pribadi kita sendiri tanpa harus kita membayar jasa orang lain. Ini merupakan suatu dorongan bagi orang – orang jenius yang akan menciptakan alat ini di masa depan. Semua itu pasti dilakukan riset yang cukup lama dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula. Perkembangan teknologi saat inipun sangat cepat adapun pada tahun 2100 atau berapapun teknologi didunia pasti akan terus berkembang.


Adapun dalam bidang militer perkembangan teknologi dalam pembuatan pesawat dan dalam persenjataan yang mutakhir. Contohnya amerika yang mempunyai pesawat tanpa awak. Mungkin masa depan kita tidak lagi menggunakan pesawat yang membawa bom yang mutakhir tetapi kita langsung menggunalakan laser dari satelit yang ada di luar angkasa. Dengan itu kita tidak usah memakai pesawat yang membawa bom. Di dunia juga sudah banyak tercipta robot – robot yang membantu dalam operasi militer dalam menjinakkan bom atau sebagai pengganti pasukan garis depan. Mungkin masa depan sudah tercipta teknologi yang dapat membuat pasukan robot sehingga manusia tidak perlu berperang dan kehilangan nyawa. Robot sangatlah berguna dalam banyak hal, kita dapat membuat robot deengan banyak fungsi yang sesuai kita inginkan. Mungin juga masa depan tercipta robot yang dapat terbang dan mempunyai fungsi dalam banyak bidang. Dalam militer juga mengembangkan teknologi pemusnah masal yang sangat mematikan. Saat inipun perkembangan ini mulai di kontrol oleh badan yang terkait. Mungin masa depan peluru senjata di ubah menjadi laser yang mematikan. Semua ini dapat terjadi karena rasa keingintahuan manusia sangatlah besar.


Dalam bidang komunikasi baru – baru ini teknologi 3G sangatlah rame dibicarakan karena dalam kita menghubungi seseorang kita dapat melihat dan mengetahui seseorang itu sedang melakukan apa. Teknologi ini merupakan terobosan yang dilakukan para profesor. Mengkin dimasa depan mereka dapat meciptakan telepon genggam yang dapat menampilkan hologram orang tersebut. Itu sangatlah mungkin karena semua teknologi dapat diuji coba dan kemungkinan berhasil. Komunikasi multimedia juga sangatlah berpengaruh dalam semua bidang karena dengan mutimedia kita dapat mengetahui banyak hal. Perkembangan teknologi multimedia sangatlah pesat yang dinantikan para customer adalah penciptaan hologram. Semua itu sangat di harapkan untuk bisa terjadi agar kita dapat lebih mudah dalam bidang komunikasi dan dalam bekomunikasi dengan orang. Tidak bisa kita pungkiri teknologi multimedia saat ini sangatlah penting. Dengan ini kita dapat mengetahui letak seseorang dalam berkomunikasi, tempat orang tinggal, di wilayah mana daerah musuh (markas), dan masih banyak lagi kegunaannya di berbagai bidang yang ada.


Dalam bidang bisnis kemajuan teknologi sangatlah penting agar dalam proses transaksi tidak menemukan kendala. Seperti contoh sekarang kita dapat melakukan transaksi dimana saja kita berada karena dengan menggunakan Laptop atau Handphone yang mempunyai fasilitas internet sehingga dapat melakukan transaksi dengan mudah. Dalam bisnis robot juga dapat bisa diandalkan dalam jasanya seperti dapat membuat minuman, dapat menyetir mobil, dapat disuruh untuk melakukan hal yang penting. Hali ini sangatlah mungkin terjadi dimasa depan. Dalam bisnis kita juga harus mengetahui teknologi berkomunikasi maka dari itu perkembangan teknologi sangatlah penting demi berlangsungnya proses bisnis. Seperti juga kita dapat memperoleh alat yang berguna untuk menyimpan alat – alat bisnis yang kita gunakan dalam sebuah tas yang serbaguna ataupun sebuah koper yang serbaguna. Semua itu juga pasti di dambakan oleh bussinessman di seluruh dunia demi menjaga efisiensi dan keefektifitasan dalam melakukan pekerjaan yang professional.


Dalam semua perkembangan teknologi di masa depan pasti mempunyai sisi positif dan sisi negatif pada diri kita dan dunia tempat tinggal kita. Contohnya jika dalam perkembangan teknologi yang terjadi tidak diiringi dengan perawatan lingkungan maka tidak bisa ditolak kita akan mengalami bencana yang besar dari bumi kita sendiri karena kita sendiri tidak mau menjaga keselarasan perkembangan teknologi kita dengan perkembangan bumi kita. Mungkin semua perkembangan teknologi dapat terjadi di masa depan karena gambaran semua itu telah kita lihat tetapi kita tidak memikirkan bagaimana nasib bumi kita jika kita terlalu menggila dalam mengejar perkembangan teknologi yang mutakhir. Perlu di ketahui bumi juga mempunyai masa dimana harus rusak jika kita tidak bisa merawatnya. Maka dari itu lebih penting jika kita dapat menciptakan teknologi yang dapat membuat bumi tempat tinggal kita ini akan selalu aman dari pemanasan global, penipisan lapisan ozon, penipisan atmosfer. Sangat ditakutkan apabila semua itu tadi terjadi pada bumi. Mungkin kita sebagai manusia juga perlu membuat sebuah populasi manusia di planet lain agar kita dapat bersiap apabila bumi mengalami bencana. Karena teknologi seperti inilah yang di inginkan di masa depan.


Dari refrensi diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa perkembangan teknologi di masa depan sangatlah penting bagi manusia diseluruh belahan dunia. Tapi kita jangan lupa disamping perkembangan teknologi yang sangat diharapkan kita juga perlu menjaga keutuhan dan keselarasan bumi kita dengan menjaga bumi kita agar tidak rusak dengan seiringnya teknologi yang semakin berkembang di dunia. Apabila bumi kita rusak maka percuma bila kita sudah menemukan teknologi yang mutakhir tetapi kita tidak bisa memperbaiki bumi kita ini dari bencana global warming, lapisan ozon yang menipis, atmosfer yang menipis juga, iklim yang sudah tidak menentu di berbagai belahan bumi ini dan masih banyak lagi masalah – masalah yang dapat timbul apabila bumi kita rusak.




3 komentar:

  1. Posting yg bagus :)
    terimakasih atas infonya :)
    Jgn lupa kunjungi juga web kami di
    http://stisitelkom.ac.id

    BalasHapus